Wilujeng Sumping

Pembaca yang budiman selamat datang di blog sederhana ini,semoga bermanfaat, kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan untuk pengembangan blog ini selanjutnya

My Profile

My Profile
Sunarto,SPd
Loading...

My Lovers Family

My Lovers Family
Seaword Indonesia

Dua Jagoanku

Dua Jagoanku
Waah.....digulung Gurita!!!!!

Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 26 Juli 2010

Materi Sosiologi kelas X KD.1

BAB I
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU YANG
MENGKAJI HUBUNGAN MASYARAKAT

STANDAR KOMPETENSI
1.  Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma 
     yang berlaku dalam masyarakat

KOMPETENSI DASAR
1.1.   Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan 
        masyarakat dan lingkungan

INDIKATOR
  1. Mendefinisikan pengertian sosiologi
  2. Mengidentifikasi sejarah perkembangan sosiologi
  3. Mendeskripsikan metodologi sosiologi
  4. Mendeskripsikan ruang lingkup sosiologi
  5. Mengidentifikasi konsep realitas social masyarakat
  6. Mengidentifikasi kegunaan sosiologi
  7. Menganalisis hubungan sosiologi dan ilmu-ilmu lainnya

PETUNJUK BELAJAR
  1. Bacalah dengan cermat ringkasan materi dan lengkapi dengan  membaca buku sosiologi lainnya sebagai acuan.
  2. Kerjakan tugas – tugas dengan seksama.

Ringkasan Materi
 
 


  1. Pengertian Sosiologi

Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh ahli filsafat, moralis sekaligus sosiolog berkebangsaan Perancis, Auguste Comte melalui sebuah karyanya yang berjudul Cours de Philosophie Positive. Secara etimologis ( asal kata ) sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Dalam bahasa Romawi ( Latin ) socius berarti teman atau sesama dan logos yang artinya ilmu. Jadi, secara harfiah sosiologi berarti membicarakan atau memperbincangkan pergaulan hidup manusia. Pengertian tersebut akhirnya diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang membahas dan mempelajari kehidupan manusia dalam masyarakat.


  1. Sejarah perkembangan sosiologi

              Sosiologi termasuk ilmu yang paling muda dibandingkan dengan ilmu-ilmu social yang ada. Sejak abad pencerahan ( abad ke- 17 M ), terjadi sejumlah perubahan besar di dunia, terutama di Eropa. Akan tetapi perubahan yang revolusioner terjadi sepanjang abad ke-18 M. Perubahan itu dikatakan revolusioner karena dengan cepat struktur/tatanan masyarakat lama berganti dengan struktur yang baru. Revolusi social sepanjang abad ke-18 itu, paling jelas tampak dalam Revolusi Amerika, Revolusi Industri, dan Revolusi Perancis. Ketiga revolusi itu berpengaruh ke seluruh dunia. Gejolak Abad revolusi itu menggugah para ilmuwan pada pemikiran  bahwa perubahan masyarakat harus dapat dianalisis.
              Sejak abad ke-19, sejumlah ilmuwan menyadari perlunya  secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan social. Para ilmuwan berupaya membangun suatu teori sosial berdasarkan  ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia. Untuk membangun teori itu, perhatian mereka tercurah pada      perbandingan masyarakat dan peradaban manusia dari masa ke masa. 
              Ilmuwan yang sampai sekarang diakui sebagai Bapak Sosiologi adalah Auguste Comte. Rintisan Comte mendapat sambutan luas, tampak dari tampilnya sejumlah ilmuwan besar sosiologi antara lain : Pitirin A Sorookin, Herbert Spencer, Karl Marx, Emile Durkheim,George Simmel dan Max Weber.

3.    Metodologi Sosiologi

              Sebagai metode sosiologi menggunakan metode ilmiah dalam       mempelajari gejala-gejala alamiah khususnya gejala kemasyarakatan. Tekhnik dasar dalam metode ilmiah adalah observasi ilmiah atau penalaran. Menurut Paul B Horton tekhnik riset tersebut antara lain :

     a.  Study cross-section dan longitudinal
                   Study cross-section adalah suatu pengamatan yang meliputi suatu daerah yang luas dan dalam jangka waktu tertentu.Sedangkan studi longitudinal adalah suatu studi yang berlangsung sepanjang waktu yang menggambarkan suatu kecenderungan atau serangkaian pengamatan sebelum dan sesudahnya.
         
          b.  Eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan
                        Pada eksperimen laboratorium, subjek orang dikumpulkan di dalam suatui tempat atau laboratorium kemudian diberi pengalaman sesuai dengan yang diinginkan sang peneliti kemudian dicatat dan ditarik kesimpulan-kesimpulan. Penelitian eksperimen lapangan adalah pengamatan yang dilakukan di luar laboratorium di mana peneliti memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek secara umum kemudian diamati hasilnya.

          c.  Penelitian pengamatan
                        Penelitian ini hampir sama dengan eksperimen, tetapi dalam penelitian ini kita tidak mempengaruhi terjadinya suatu kejadian.
    
     Menurut Soerjono Soekanto, metode yang digunakan adalah :
a.    Metode Kualitatif, yang mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sukar diukur dengan angka-angka, meskipun kejadian itu nyata dalam masyarakat, antara lain :
1.      Metode histories, adalah metode yang mempergunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
2.      Metode Komparatif, adalah metode yang mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya untuk mengetahui perbedaan, persamaan,dan sebab-sebabnya.
3.      Metode studi kasus, adalah metode pengamatan tentang suatu keadaan, kelompok, masyarakat setempat, lembaga maupun individu.

b.    Metode Kuantitatif, yang mengutamakan bahan keterangan dengan      angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan      menggunakan skala, indeks dan formula. Antara lain :
1.    Metode deduktif, yaitu metode yang dimulai dari hal-hal yang berlaku umum untuk menarik kesimpulan yang khusus.

2.    Metode induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.

3.    Metode empiris, yaitu suatu metode yang mengutamakan keadaan-keadaan nyata di dalam masyarakat.

4.    Metode rasional, yaitu suatu metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah kemasyarakatan.

5.    Metode fungsional, yaitu metode yang dipergunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga social masyarakat dan struktur social masyarakat.

              Untuk mempelajari sesuatu, sebaiknya dmulai dengan membuat asumsi tentabg sifat-sifat objek yang akan dipelajari. Asumsi-asumsi ini disebut perspektif atau paradigma, yaitu suatu cara memandang atau cara memahami gejala tertentu menurut keyakinan kita. Di dalam sosiologi terdapat beberapa perspektif sebagai berikut :

1.  Perspektif Evolusionis
     Paradigma utama dalam sosiologi yang memusatkan perhatian pada pola perubahan dan perkembangan yang muncul dalam masyarakat yang berbeda untuk mengetahui urutan umum yang ada.

2.  Perspektif Interaksionis
     Memusatkan perhatian pada interaksi antara individu dengan kelompok, terutama dengan menggunakan simbol-simbol, antara lain tanda, isyarat dan kata-kata baik lisan maupun tulisan.

3.  Perspektif Fungsionalis
     Melihat masyarakat sebagai suatu jaringan kelompok yang bekerja sama secara terorganisir dan memiliki seperangkat atauran dan nilai yang dianut oleh sebagian besar anggotanya. Masyarakat dipandang sebagai sesuatu yang stabil dengan kecenderungan ke arah keseimbangan, yaitu untuk mempertahankan sistem kerja yang selaras dan seimbang. Kelompok atau lembaga melaksanakan tugas tertentu secara terus menerus sesuai dengan fungsinya.





4.  Perspektif Konflik
     Memandang adanya pertentangan antar kelas dan eksploitasi kelas di dalam masyarakat sebagai penggerak utama kekuatan-kekuatan dalam sejarah. Masyarakat terikat karena ada kekuatan dari kelompok kelas yang dominan. Kelompok ini menciptakan suatu konsensus untuk melaksanakan nilai-nlai dan peraturan mereka terhadap semua orang.


EVALUASI

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d,atau e sebagai jawaban yang tepat !

1.  Kata socius yang merupakan asal kata sosiologi diartikan sebagai ….
     a. lawan                                                   d. saudara
     b. musuh                                                  e. keluarga
     c. teman

2.  Pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ….
     a. anatomi manusia                                    d. kebudayaan manusia
     b. kehidupan manusia dalam masyarakat       e. kesehatan manusia
     c. asal usul manusia

3.  Seorang filusuf Prancis yang dijuluki sebagai Bapak Sosiologi adalah ….
     a. Herbert Spencer                                     d. Roucek dan Warren
     b. Auguste Comte                                      e. Pitirin A. Sorokin
     c. Max Weber

4.  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dengan kelompok-
     kelompok. Hal itu merupakan definisi sosiologi menurut pendapat ….
     a. Koentjaraningrat                                     d. Pitirin A.Sorokin
     b. Roucek dan Warren                                e. Selo Soemarjan
     c. William F. Ogburn

5.  Sosiologi termasuk kelompok ilmu-ilmu social. Sosiologi sebagai ilmu baru muncul
     pada abad ke ….
     a. 13                                                        d. 17
     b. 15                                                       e. 19
     c. 16

6.  Faktor utama yang mendorong kelahiran ilmu sosiologi adalah ….
     a. Hilangnya masyarakat agraris di Eropa        d. Peperangan antar Negara Eropa
     b. Perubahan pada masyarakat Eropa            e. Kekuasaan Islam di Eropa
     c. Ilmu social lainnya gagal menyelesaikan masalah social.

7.  Revolusi Industri pada masyarakat Inggris ditandai oelh ….
     a. Masyarakat agraris berangsur-angsur menjadi masyarakat induustri
     b. kekuasaan para raja berangsur-angsur terkikis
     c. sifat feodal dan gerejani semakin mewarnai kehidupan masyarakat Inggris
     d. terjadi penemuan-penemuan dalam bidang IPTEK
     e. muncul golongan penguasa baru yang disebut golongan kapitalis


8.  Gagasan radikal yang menyertai perubahan-perubahan pada Revolusi Perancis yang
     disuarakan golongan menengah adalah ….
     a. kritik tentang pemotongan hak-hak
     b. persamaan hak
     c. peningkatan kesejahteraan
     d. keadilan dan kesamaan
     e. kemiskinan

9.  Tekhnik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah metode ….
     a. histories, komparatif, dan fungsional
     b. deduktif-induktif, empiris, dan rasional
     c. komparatif, studi kasus, dan studi deduktif-induktif
     d. fungsional, empiris, dan rasional
     e. historis, komparatif, dan studi kasus

10. Berikut ini adalah tekhnik-tekhnik sosiologi menurut Paul B. Horton, kecuali ….
     a. study cross-section
     b. eksperimen laboratorium
     c. penelitian pengamatan
     d. tekhnik kuantitatif
     e. study longitudinal

11. Perspektif fungsionalis memandang masyarakat....
     a. sebagai jaringan kelompok yang bekerjasama dengan aturan dan nilai tertentu
     b. mengalami perkembangan dan perubahan yang berbeda satu sama lain
     c. Mengalami konflik antar kelas
     d. berinteraksi dengan simbol-simbol
     e. memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek

12. Fenomena yang muncul sebagai dampak dari kesenjangan sosial antara kaumburuh dan
     pengusaha pada akhir abad pertengahan adalah ....
     a. pengangguran                                        b. pertumbuhan kota-kota
     c. kemiskinan                                            d. urbanisasi
     e. pertentangan kelas

13. Pembagian kerja yang berkembang pada masyarakat tidak menyebabkan disintegrasi
     masarakat, tetapi justru meningkatkan solidaritas. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
     a. Karl Marx                                              b. Herbert Spencer
     c. Max Weber                                            d. Auguste Comte
     e. Emile Durkheim

14. Sumbangan Karl Marx terhadap perkembangan sosiologi adalah teori tentang ….
     a. Tahap-tahap perkembangan masarakat      b. perubahan-perubahan sosial
     c. tipe-tpe solidaritas                                  d. bentuk-bentuk organisasi sosial
     e. perjuangan kelas sosial

15. Munculnya kapitalisme menurut Max Weber disebabkan oleh ....
     a. terbentuknya golongan penguasa
     b. ditemukan berbagai alat industri
     c. masyarakat Eropa tidak lagi agraris
     d. pembagian kerja yang semakin jelas pada masyarakat
     e. munculnya sekte calvinisme dalam agama Protestan

16. Tipe solidaritas yang didasarkan pada persamaan adalah disebut solidaritas ....
     a. mekanis                                                         b. metafisis
     c. orgains                                                 d. superorganis
     e. anorganis

17. Revolusi Perancis gagal dalam menuju ketertiban dan masyarakat baru, sebab ....
     a. orang-orang menciptakannya dengan azas-azas yang berasal dari masarakat tahap
         metafisis
     b. azas-azas tahap positif belum dapat diterapkan pada masyarakat Perancis  saat itu
     c. hukum positif Auguste Comte tidak diakui oleh para ilmuwan pada wakti itu
     d. tidak ada metode yang dapat diandalkan dalam menuju masyarakat masyarakat baru
     e. reaksi masyarakat pada tahap teologis sangat besar

18. Memandang adanya pertentangan antar kelas dan eksploitasi kelas di dalam masyarakat
     sebagai penggerak utama kekuatan-kekuatan dalam sejarah, merupakan pandangan dari
     perspektif ....
     a. evolusionis                                            b. interaksionis
     c. fungsionalis                                            d. konflik
     e. historis

19. Sosiologi sangat berguna bagi pembangunan, karena dapat ....
     a. mengolah data secara terperinci tentang keadaan masyarakat
     b. mengembangkan pengetahuan secara objektif dan rasional
     c. mencari pemecahan masalah dari kondisi suatu masyarakat
     d. memberikan data sosial yang diperlukan dalam pengelolaan pembangunan
     e. menganalisis dampak yang ditimbulkan pembangunan dari sudut iptek

20. Dalam penelitian, sosologi berguna untuk membantu ....
     a. mencari pemecahan masalah sosial dengan baik
     b. mengumpulkan data untuk kegiatan penelitian lanjutan
     c. membicarakan fakta-fakta yang berkembang di masyarakat
     d. menafsirkan apa yang terjadi d masyarakat
     e. menghentikan permusuhan antar etnis ang sedang berlangsung


B.  Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !

     1.  Sebutkan dan jelaskan dua metode yang digunakan oleh sosiologi untuk
          mengatasi masalah social ! 
          ………………………………………………………………………………………………………………
          ………………………………………………………………………………………………………………
          ………………………………………………………………………………………………………………

2.  Jelaskan mengapa Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi !
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
3.    Jelaskan peranan Herbert Spencer dalam pengembangan sosiologi !
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................


4.    Jelaskan pengertian sosiologi secara etimologis !
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..

5.  Jelaskan definisi sosiologi menurut Selo Sumarjan dan Sulaeman Soemardi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................

6.  Jelaskan latar belakang lahirnya sosiologi di daratan  Eropa !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................

7.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
8.    Jelaskan apakah sebenarnya manfaat kita belajar sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
9.    Jelaskan mengapa Auguste Comte disebut sebagai bapak sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
10. Jelaskan apa maksudnya Sosiologi sebagai ilmu dan sosiologi sebagai metode ?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

Tidak ada komentar: